Tuesday, November 10, 2009

Sinusitis Penyakit yang menyerupai Gejala Flu

Rasa sakit di bagian dahi, pipi, hidung atau daerah diantara mata terkadang dibarengi dengan demam, sakit kepala, sakit gigi atau bahkan menurunnya kepekaan indra penciuman kita merupakan ssalah satu gejala sinusitis. Terkadang karena gejala yang kita rasakan tidak spesifik, kita salah mengartikan gejala-gejala tersebut dengan penyakit lain sehingga membuat penyakit sinusitis yang diderita berkembang tanpa diobati. untuk lebih mengenal lagi tentang penyakit sinusitis dan pengobatannya, berikut uraiannya.
Sinusitis adalh penyakit yang terjadi diderah sinus. Sinus sendiri adalh rongga udara yang terdapat di area wajah yang terhubung dengan hidung. Fungsi dari rongga sinus sendiri adalah untuk mrnjaga kelembaban hidung dan menjaga pertukaran udara di daerah hidung. Rongga sinus sendiri terdiri dari 4 jenis Yaitu :
Sinus Frontal, terletak di atas mata dibagian tengah dan masing-masing alis
Sinus Maxillary, terletak diantara tulang pipi, tepat disamping hidung
Sinus Ethmoid, terletak diantara mata, tepat dibelakang tulang hidung
Sinus sphenoid, terletak dibelakang sinus ethmoid & dibelakang mata
Jadi sinusitis terjadi apabila terdapat peradangan diderah lapisan rongga sinus yang menyebabkan lendir terperangkap dirongga sinus & menjadi tempat tumbuhnya bakteri.

Sinus juga dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
Sinus akut : gejala dirasakan selama 2 - 8 minggu
Sinus Kronis : gejala dirasakan lebih dari 8 minggu
Penyebab Sinusitis :
Sinusitis dapat terjadiakibat dari beberapa faktor di bawah ini :
  • Bulu-bulu halus didalam rongga sinus (cilla) tidak bekerja secara maksimal akibat kondisi medis tertentu.
  • Flu & Alergi menyebabkan lendir diproduksi secara berlebihan atau menutupi rongga sinus
  • Adanya kelainan pada sekat rongga hidung, kelainan tulang hidung ataupun polip pada hidung dapat menutupi rongga sinus.
Selain hal tersebut diatas, apapun yang dapat menyebabkan bengkak pada lapisan rongga sinus ayaupun menahan Cilla untuk mendorong lendir dapat menyebabkan sinusitis. Hal ini biasanya disebabkan oleh perubahan [ada suhu&tekanan udara. Alergi, penggunaan penyemprot hidung secara berlebihan, merokok, berenang atau menyelam dapat meningkatkan resiko terkena sinusitis.


1 comment:

Ambar said...

salam kenal..
makasih infonya, jadi tau sinusitis tuh kaya gimana?

Holiday and Health Harit's Blog A Look in a Creative Mind Ambar'z Blog anang's Blog another side of me:Meilisa Andri Blogger Buzz Tukang Listrik Blogger Tutorial Blognya Si Agus Kursus Blog Tips dan Trik Blog Tip dan Trik Internet