Tuesday, November 24, 2009

Seputar Kolesterol

Kolesterol merupakan bagian dari lemak(lipid)yang sebagian besar diproduksi dalam tubuh, tepatnya di hati (sekitar 70%) dan sisanya berasal dari makanan atau diet. Kolesterol berperan dalam pembentukan hormon dan Vitamin D, serta membantu setiap sel dalam tubuh kita untuk bekerja dengan baik. Kolesterol bermanfaat dalam tubuh kita apabila kadar nya seimbang dan kunci sukses menurunkan Kolesterol adalah KEPATUHAN yang merupakan kunci sukses dalam menurunkan KolesterolJenis Kolesterol antara lain LDL (Low Density Lipoprotein) yang dikenal sebagaiKolesterol jahat karena bekerja sebagai pembawa kolesterol ke jaringan tubuh. Tingginya kadar kolesterol LDL dapat menyebabkan penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah, yang berakibat pada peningkatan resiko serangan jantung dan stroke.
Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein)dikenal sebagai kolesterol baik karena bekerja membawa kembali kolesterol dari jaringan tubuh kedalam hati untuk diproses dan dibuang. Bila kadar kolesterol rendah maka akan mrningkatkan resiko serangan jantung. Lebih dari 17 juta orang di duniameninggal setiap tahunnya karena penyakit tersebut. Jika kolesterol jahat (LDL) sudah diatas 100mg/dl dan kolesterol baik (HDL) sudah dibawah 35-30mg/dl sebaiknya patut dicurigai.
Kepatuhan dalam mengonsumsi pola asupan makanan sehari-hari patut diperhitungkan,menjalani pola hidup sehat dengan tidak terlalu banyak memakan makanan berlemak,mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, berjalan kaki untuk memperlancar peredaran darah.Terutama untuk kelompok beresiko, seperti perokok, penderita diabates dan kegemukan.

No comments:

Holiday and Health Harit's Blog A Look in a Creative Mind Ambar'z Blog anang's Blog another side of me:Meilisa Andri Blogger Buzz Tukang Listrik Blogger Tutorial Blognya Si Agus Kursus Blog Tips dan Trik Blog Tip dan Trik Internet