Monday, December 7, 2009

Sejarah Es Krim

Ternyata Es Krim yang biasa kita makan punya sejarah yang lumayan panjang. Ada banyaj versi tentang awal mula munculnya makanan yang ngetop dikalangan tua maupun muda ini. Salah satunya menyebutkan Kaisar nero dari Roma(37-68SM) yang memerintahkan untuk membuat makanan dari salju yang ada di puncak pegunungan, bersama buah-buahan segar diatasnya. Referensi lain menyebutkan Es Krim aebenarnya dibawa dari China ke Eropa oleh King Tang yang pada (618-97SM) menemukan ramuan Es dan Susu, dengan berjalannya waktu , resep Es Krim berkembang menjadi hidangan mewh yang mampu di santap oleh kalangan Fasionable di Italy dan kerajaan Perancis Sedangkan Marcopolo dipercaya membawa resep sederhana Es Krim ke daratan Amerika dan eropa.
Sejumlah kisah menyebutkan George Washington, Thomas Jefferson dan Dolly Madison, juga Gubernur Bladen of Maryland pada tahun 1700 sering kali menghidangkan Es Krim bagi tamunya.
Di dunia ini, ada beberapa ciri khas Es Krim sesuai dengan negara asalnya. Di Italy Es Krim yang populer adalah GELATOO SOLE MIO, sedangkan Italy bagian selatan yakni Sorbetto dengan ciri khas citarasa lemon dan orange. Di Perancis , Es Krim yang populer adalah dengan citarasa LIQUER (semacam Alkohol) yang tinggi.
Lain lagi di Amerika Cita rasa Es Krim dengan paduan Cookies dan Karamel plus kacang-kacangan serta porsinya yang besar.
Di Turki Es Krim populer di sebut dengan nama DONDURMA yang terbuat dari susu kambing dengan paduan Sachlav(Akar dari sejenis anggrek liar yang dihaluskan).
Sedangkan di India Es Krim disebut KULFI, terbuat dari campuran susu kerbau dengan tambahan perasa pistachio, mangga, kapulaga dan saffiron.
Di Jepang, Es Krim dibuat dari teh hijau (maccha es krim) dan kacang merah (ogura), ada juga Es Krim mochi yang memang dibuat dari adonan kue mochi. Sedangkan di Indonesia dan Malaysia kita mengenal Es Puter yang di buat dari santan tanpa menggunakan Krim. Ya apapun namanya menyantap Es Krim memang mengasikkan....

No comments:

Holiday and Health Harit's Blog A Look in a Creative Mind Ambar'z Blog anang's Blog another side of me:Meilisa Andri Blogger Buzz Tukang Listrik Blogger Tutorial Blognya Si Agus Kursus Blog Tips dan Trik Blog Tip dan Trik Internet